Kamis, 19 Agustus 2010

Manfaat Kurma Dan Sunah Rasul

     Bulan ramadhan telah tiba, di berbagai penjuru dunia banyak orang yang menyambut datangnya bulan ramadhan. Stasiun televisi pun kerap kali menayangkan tentang bulan ramadhan, yaitu salam satunya dengan berbagai ragam sinetron dengan berjudul tentang ramadhan yang menceritakan tentang bulan ramadhan. Karna bulan adalah bulan suci bagi umat muslim.

     Bukan hanya manusia saja, buah kurma pun menyambut datangnya bulan ramadhan. Bila anda mengunjungi ke pusat pembelanjaan makanan, maka buah kurma akan ada dimana-mana. Karna buah kurma idientik dengan bulan suci ramadhan. Dan perlu anda ketahui, buah kurma adalah sunah Rasulullah SAW dalam berbuka puasa. Bagi kaum muslimin tentunya wajar saja jika banyak sekali yang mengikuti kebiasaan para rasul yang mengkonsumsi buah kurma ketika berbuka puasa. Selain mendapatkan sunah rasul banyak sekali manfaat bila anda mengkonsumsi buah kurma.  Karena organ pencernaan khususnya lambung membutuhkan makanan yang lembut setelah sehari tidak  tersentuh oleh makanan. Kurma juga mengandung air dan gula sehingga kurma mudah dicerna dan sampai ke peredaran darah, kurma juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah serta membantu kerja otot. Jika dibandingkan dengan buah kering lainnya, kurma memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi. tapi kurma juga mempunyai kandungan kalium yang mempu menekan natrium atau garam yang berlebih penyebab hipertensi.   itulah sebabnya mengapa pengidap hipertensi juga disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma. dengan memakan buah kurma sebanyak 5 biji sudah bisa mencukupi kebutuhan kalium harian.

     Berdasarkan penelitian di University of scranton, manfaat kurma lainnya adalah kurma juga memiliki konsentrasi polyphenol tertinggi jika dibanding buah-buahan kering lainnya. peran dari polyphenol adalah berperan dalam kekebalan tubuh terhadap infeksi dan serangan penyakit.

2 komentar:

Info yang bermanfaat sobat. Di surabaya bisa mendapatkan buah kurma berbagai jenis di Masjid Ampel. Harga juga bervariasi. Kalau bulan Ramadhan gini ramenya minta ampuuun.

salam,
Blus Batik Madura

Alhamdulillah klau memang bermanfaat,,,
makasih yua kawan atas kunjungannya,,,,

Posting Komentar